Pages

Sebuah Perjalanan

aku terpasung pada suatu titik. dan pemasungnya adalah dia, yang yang tak pernah lari dari perannya sebagai tokoh utama mimpiku

Rabu, 31 Oktober 2012

Kelainan kromosom

yaah...sekali sekali ngepost tentang ilmu pengetahuan lah.. hehe :)




Kelainan Kromosom
            Kelainan ini terjadi pada manusia. Jenis kelainan ini termasuk dalam Aneuploidi yaitu suatu keadaan dimana suatu organisme kekurangan atau kelebihankromosom tertentu. Individu tersebut bersifat aneuploid. Biasanya disebabkan karena non-disjunction.

1.      Sindrom Turner
Sindrom Turner (disebut juga sindrom Ullrich-Turner, sindrom Bonnevie-Ullrich, sindrom XO, atau monosomi X) adalah suatu kelainan genetik pada wanita karena kehilangan satu kromosom X. Ditemukan oleh H.H Turner pada tahun 1939.
Wanita normal memiliki kromosom seks XX dengan jumlah total kromosom sebanyak 46, namun pada penderita sindrom Turner hanya memiliki kromosom seks XO dan total kromosom 45. Hal ini terjadi karena satu kromosom hilang saat non-disjunction atau selama gametogenesis (pembentukan gamet) atau pun pada tahap awal pembelahan zigot. Kariotipe: 45, XO (44A + X). Formula kromosom (2n-1).
Ciri-ciri:
§  Kelenjar kelamin (gonad) yang tidak berfungsi dengan baik
§  Dilahirkan tanpa ovari atau uterus
§  Bertubuh pendek
§  Kehilangan lipatan kulit di sekitar leher
§  Pembengkakan pada tangan dan kaki
§  Wajah menyerupai anak kecil
§  Dada berukuran kecil
§  Payudara dan rambut kelamin tidak tumbuh
§  Puting susu terletak berjauhan
§  Tanda kelamin sekunder tidak tumbuh
§  Memiliki kemungkinan lebih besar mengalami keterbelakangan mental

Bentuk Kariotipe pada Sindrom Turner



Contoh Penderita Sindrom Turner










2.      Sindrom Klinefelter
Sindrom Klinefelter adalah kelainan genetik pada laki-laki yang diakibatkan oleh kelebihan kromosom X. Laki-laki normal memiliki kromosom seks berupa XY, namun penderita sindrom klinefelter umumnya memiliki kromosom seks XXY. Ditemukan oleh Harry F. Klinefelter pada tahun 1942.
Kelebihan kromosom X pada laki-laki terjadi karena terjadinya nondisjungsi meiosis (meiotic nondisjunction) kromosom seks selama terjadi gametogenesis (pembentukan gamet) pada salah satu orang tua.
Pada tahun 1970-an, para ilmuwan menyatakan bahwa kelainan klinefelter merupakan salah satu kelainan genetik yang ditemui pada manusia, yaitu 1 dari 500 hingga 1 dari 1.000 bayi laki-laki yang dilahirkan akan menderita sindrom ini. Kariotipe: 47, XXY (44A + XXY). Formula kromosom (2n+1).
Ciri-ciri:
§  Tumbuh payudara
§  Pertumbuhan rambut kurang
§  Lengan dan kaki panjang
§  Suara seperti wanita
§  Testis kecil
§  Bersifat steril (mandul)
§  Tuna mental
§  Mengalami gangguan koordinasi gerak badan
§  Otot kecil






Bentuk Kariotipe pada Sindrom Klinefelter





Contoh Penderita Sindrom Klinefelter




3.      Sindrom Metafemale (Triple X)
Sindrom Triple-X adalah satu jenis variasi kromosom disebabkan oleh perwujudan 3 kromosom X (trisomi) dalam gamet. Penderita mempunyai fenotip perempuan. Sindrom Triple-X terjadi terjadi akibat abnormalitas pembelahan kromosom menjadi gamet semasa meiosis. Perempuan dengan keadaan ini (lebih kurang 0.1% populasi perempuan) dan tidak memiliki risiko terhadap masalah kesehatan lainnya. Ditemukan tahun 1959.
Sindrom Triple X merupakan kelainan kromosom yang tidak diturunkan, tetapi biasanya terjadi dikarenakan adanya pembentukan sel reproduktif, sperma dan ovum, yang tidak sempurna. Ketidaknormalan tersebut terjadi karena non-disjunction kromosom dalam divisi cell yang menyebebakan pertambahan seks kromosom dalam sel reproduksi. Kariotipe: 47, XXX (44A + XXX). Formula kromosom (2n+1).
Ciri-ciri:
§  Lebih tinggi dari orang normal (± 172cm)
§  Kepala kecil
§  Mongolisme
§  Terdapat lipatan kulit pada epichantal
§  Memiliki masalah dalam pemahaman
§  Lambat dalam berbicara
 




§  Sulit berinteraksi dengan orang lain
§  Menarik diri
§  Payudara tidak berkembang
§  Menstruasi tidak teratur dan steril
§  Mengalami gangguan mental
§  Pada umumnya tidak berumur panjang

Bentuk Kariotipe pada Sindrom Metafemale




Contoh penderita Sindrom Metafemale



 


4.      Sindrom Jacob (Kriminal Sindrom)
Sindrom Jacobs, kariotipe 47, XYY (44A+XYY), trisomik pada kromosom gonosom. Penderita sindrom ini umumnya berwajah kriminal, suka menusuk-nusuk mata dengan benda tajam, seperti pensil,dll dan juga sering berbuat kriminal. Penelitian di luar negeri mengatakan bahwa sebagian besar orang-orang yang masuk penjara adalah orang-orang yang menderita Sindrom Jacobs. Sindrom ini terjadi karena sel telur (X) dibuahi oleh sperma YY (akibat gagal berpisah). Ditemukan oleh P.A Jacobs pada tahun 1965. Formula kromosom (2n+1)
Ciri-ciri:
§  Berperawakan tinggi
§  Bersifat anti-sosial dan agresif
§  Suka melawan hukum
§  Intelengensia relatif normal
§  Perbandingannya 1 dari 1000 laki-laki
§  Tidak subur


Bentuk Kariotipe pada Sindrom Jacob (Kriminal Sindrom)




 
 


Contoh Penderita Jacob Sindrom 


Selasa, 30 Oktober 2012

kepada Mira

Dear Mira, kamu pasti bahagia kan?
bisa liat senyum teduhnya setiap saat,
menggenggam erat tangannya tanpa ada jeda berarti, dia selalu ada disisimu,
selalu ada buatmu,
dan kamu bisa bersama-sama mengungkap rindu tak tertahan lewat ruas-ruas lenganmu dan lengannya,
bisa berada dalam dekap dadanya yang berdebar buatmu.
Ah, kamu orang yang paling bahagia bukan?
ingin rasanya aku sepertimu, Mira.
Tolong jaga dia buatku, buatmu juga tentunya.
jaga perasaannya,
jaga cintanya buatmu, Mira.
Terima kasih,
aku akan secepatnya pergi..

tertanda,

Malang, 30 Oktober 2012 - debar setelah bertemu dia di koridor sekolah

Sabtu, 27 Oktober 2012

ya, itu pagi

pagi yang dingin,
pagi yang menawarkan uap,
pagi yang gelap,
pagi yang hening,
pagi yang sunyi,
pagi yang menunggu fajar,
pagi yang eksotis,
pagi yang selalu menawan,

pagi itu,

kamu

(Sempu, 26 oktober 2012 - di karang membayang pagi dengan segala senyumnya)

laguna dan misteri alam

1,2,3,4,5,6 pasang
datang
ke karang
yang
penuh kerang

selimut butir-butir pasir
menghambur
melepas kegetiran
dalam dekap
hijau-biru-bening
laguna yang tenang
di pelukan sejuta misteri sang alam

(Sempu, 26 oktober 2012 - Segara Anakan)

kemudian

Temani aku sekedar melihat jingga senja di langit-langit kamarmu.
Temani aku sekedar memainkan rintik gerimis hujan yang membasahi lantai-lantai kamarmu.
Temani aku mengejar masa yang berlalu singkat.

Kemudian..

Ijinkan aku sekedar memegang pundakmu,
melihat dekat senyummu,
menggenggam,
memeluk,

mencintaimu.

(24 oktober 2012)

karang

karang,
apa yang engkau rasakan kepada biru samudera hindia, putih buih ombak yang menghantam teguh kuatmu, dan pada nyala matahari yang menatapmu curiga, atau kepada pekat abu-abu dunia?

(Sempu, 26 oktober 2012 - pada sebuah karang yang menatap samudera hindia)
bolehkah aku sekedar memeluk rindumu yang sedari tadi patah?
kala hitam-abu abu menyergap
dan ayam-ayam sudah tidur
sementara sayup suaramu begitu hangat
ingin kudekap erat
hingga fajar menyengat
atau sampai ia menjelma senja

Senin, 22 Oktober 2012

aku yang diujung

aku kemudian merapat
kepada jeruji-jeruji pagar
hatimu yang dalam,
hatimu yang jauh,
hatimu yang tak sampai
kulihat di seberang
perempuanmu berdiri dengan menanti
tangannya melambai ke arahmu
bibirnya tergores lengkung senyum sempurna

sementara aku...
hanya menggenggam kosong udara
melemas
tertunduk
tenggelam
hingga riak air mataku
yang sedari tadi
tertahan di ujung
meronta kemana-mana

Kamis, 11 Oktober 2012

Sum 41

bulan-bulan ini lagi seneng sama lagu-lagunya Sum 41.
band ini bergenre rock, punk rock, dan alternative. berasal dari Ajax, Ontario, Kanada. Nama Sum 41 dipilih karena band ini terbentuk 41 hari sebelum musim panas (summer).
personelnya berjumlah 4, yaitu Derryck Whibley (vokal, gitaris, piano, keyboard, penulis lagu), Jason McCaslin (bass), Steve Jocz (drum, perkusi), Tom Thacker (gitaris utama, keyboard, piano).

Album yang sudah pernah dikeluarkan oleh Sum 41:

Half Hour of Power (27 Juni 2000)
- Makes no Difference
- Grab the Devil by the Horns and **** Him up the ***
- Machine Gun
- What I Believe
- T.H.T
- Summer
- 32 Ways to Die
- Second Chance for Max Headroom
- What We're All About
- Ride The Chariot to The Devil 
- Another Time Around

All Killer No Filler (8 Mei 2001)
- Introduction to Destruction
- Nothing on My Back
- Never Wake up
- Fat Lip
- Rhythms
- Motivation
- In Too Deep
- Summer 
- Handle  This
- Crazy Amanda Bunkface
- All She's Got
- Heart Attack
- Pain for Pleasure

Does This Look Infected? (26 November 2002)
- The Hell Song
- Over My Head
- My Direction
- Still Waiting
- A.N.I.C
- No Brains
- All Messed Up
- Mr. Amsterdam
- Thanks for Nothing
- Hyper-Insomnia-Para-Condrioid
- Billy Spleen
- Hooch
- Reign in Pain
- WWVII Part II

Chuck (12 Oktober 2004)
- Intro (Sum 41/Chuck)
- No reason
- We're All to Blame
- Angels with Dirty Faces
- Some Say
- The Bitter End
- Open Your Eyes
- Slipping Away
- I'm Not the One
- Welcome to Hell
- Pieces
- There's no Solution
- 88
- Noots

Underclass Hero (24 Juli 2007)
- Underclass Hero
- Walking Disaster
- Speak of the Devil
- Dear Father
- Count You Last Blessings
- Ma Poubelle
- March of the Dogs
- The Jester
- With Me
- Pull the Curtain
- King of Contradiction
- Best of Me
- Confusion and Frustration in Modern Times
- So Long Goodbye
- Look at Me
- Take a Look at Yourself
- No Apologies
- This is Goodbye

Screaming Bloody Murder (29 Maret 2011)
- Reason to Believe
- Screaming Bloody Murder
- Skumfuk
- Time for You to Go
- Jessica Kill
- What Am I to Say
- Holy Images of Lies
- Sick of Everyone
- Happiness Machine
- Crash
- Blood in My Eyes
- Baby You Don't Wanna Know
- Back Where I Belong
- Exit Song
- We're the Same

Rabu, 10 Oktober 2012

karyanya Fahd Djibran, yang Galau yang Meracau

Aku dan kamu, bagai karang-pantai mencintai laut lepas. Dari jauh, aku mencintaimu dengan seluruh kekuranganku: Menatap gelombang ombak-rambutmu atau menikmati kilau cahaya-dirimu---pada senja yang menenggelamkan matahari di matamu.

Aku dan kamu, bagai karang-pantai mencintai laut lepas. Ribuan mil dari hatimu, setiap detik aku berusaha melacak cintamu pada setiap buih ombak yang menghantam diriku. Bila kukatakan padamu telah kutitipkan semua salamku pada nadi-nadi sungai yang merambat-bermuara menuju kedalaman hatimu, pernahkah ia benar-benar sampai padamu?

Sejak pertemuan itu, aku merasa hari-hari kita begitu akrab: Meski sebatas ombak yang setiap hari datang memberikan sentuhan--lalu pergi tanpa salam perpisahan. Ah, mungkinkah sungai telah menyampaikan semua salamku padamu, menyusun kata-cinta yang terbata-bata menjadi sebuah sajak.

Aku mentapamu, kamu menatapku. Ada getar yang menumpahkan ribuan kata tak terucapkan--jadi sepi yang bergaung. Ombak memeluk mata kaki kita berdua, malam tinggal bayang-bayang. 

Minggu, 07 Oktober 2012

aku, dia, dan mereka~

ini nih potret masa-masa itu. ngrasain bahagia bareng, susah bareng, segala macam emosi jiwa ada disana. gak bakal terlupakan deh kenangan-kenangan yang udah kita ciptakan selama 2 tahun lebih ini :')

1. Demo ekskul
demo ekskul termewah di sman 1 malang, yak kami ini ;)

2. Panderman
perjalanan menuju latarombo..
pasukan siaaaapp :D si nofal prosi milkita -_- aku promosi roti hasya, buset si fajar tinggi beuuud --
ini foto kita di puncak. pose ne aneh-aneh, si nofal tetep promosi permen milkita ne -_-

 wuah...ini nih bos dangdut kita... udah sampek puncak, yang dikeluarkan malah buku fisika! kurang edan opo hah?!?


 nah yang ini pose nya nofal baru keren...dengan latar belakang kabut panderman yang luar biasa..

 kita udah turun puncak nih, bergaya dulu di batu-batuan :D eman e aku gak patek ketok :"

3. MTD
MTD malam-malam. posene jian rengaaaat kabeh. hoeks

4. Kondang Merak
 yak pokoknya camping disana yahud banget :9

Musthafani Akhyar 2 orang yang terdampar dan memperebutkan sebuah kaleng yang diduga berisi makanan yang secara tak sengaja ditemukan mengapung di lepas pantai, diperkirakan merupakan sisa bahan makanan yang ikut terbuang saat badai


5. Valentine for Earth
 kalo yang ini val for earth pas taun 2011, bertempat di coban rais. acaranya ngundang anak PA lain di malang, dan ngadain penanaman kembali...



nah kalo ini beda lagi. ini val for earth nya taun 2012. jangan terkecoh tanggal di foto, itu sangat menipu!
kita lagi buat backdrop dari bahan-bahan daur ulang. bagus kan?

 juaranya rambu-rambu kebersihan!
unyu banget tauk gak sih? :"

 zinggg...bakal kangen momen-momen ini :')

 cerianya menanam 

6. Hari Bumi
fajar tetap yang paling tinggi .____.

7. Survey
 sebelum longmarch, pose dulu aah..

aaaahhh pengen lagi!!!! ini kita lagi makan ares di rais, byuh seger ee :)

udah nyampek base camp

 lah yo iki preman e 31! ada mas adi, mas adin, dan mas ade..
jenenge ae mirip mirip --"

yahh.....mungkin cukup sekian. sebenere masih banyak lagi yang lain, masih banyak yang bikin kangen... hikss

7 September


temen-temen yang hari ini lagi googling, pasti nemu gambar seperti yang diatas ini yah?
stelah kursor aku arahkan ke gambar di atas ternyata ada keterangan: "Ulang tahun Niels Bohr"
nah ini ada sedikit info tentang Niels Bohr, salah satu tokoh ilmu pengetahuan yang mampu merubah dunia melalui penemuan-penemuannya!


Niels Bohr (lahir di KopenhagenDenmark7 Oktober 1885 – meninggal di KopenhagenDenmark,18 November 1962 pada umur 77 tahun) adalah seorang ahli fisika dari Denmark dan pernah meraih hadiah Nobel Fisika pada tahun 1922.
Pada tahun 1913, Bohr menerapkan konsep mekanika kuantum untuk model atom yang telah dikembangkan oleh Ernest Rutherford, yang menggambarkan bahwa atom tersusun dari inti atom(nukleus) yang dikelilingi oleh orbit elektron.
Anak laki-lakinya, Aage Niels Bohr, juga penerima Hadiah Nobel.


wah keren kan tokoh kita satu ini..makannya belajar yang rajin biar kita bisa meneruskan karya-karya mereka :D


Rabu, 03 Oktober 2012

chord best of me - sum 41


G - D - Em - D - C - D

G                         D
  it's so hard to say that i'm sorry
         Em    D           C    D
i'll make everything alright
G                                D
  all these things that i've done
                     Em
now what have i become?
    D                C    D
and where'd i go wrong?

G                     D                    Em
  i don't mean to hurt just to put you first
                    C      D
i won't tell you lies [i'm sorry]
G                     D                       Em
  i will stand accused with my hand on my heart
                      C
i'm just trying to say...

    D     G
I'm sorry
                    Em
it's all that i can say

you mean so much
            C
and i'd fix all that i've done
   D                G
if i could start again
                   Em
i'd throw it all away
                       C
to the shadows of regrets
              D                G
and you would have the best of me

G - D - Em - C - D

G                         D
  i know that i can't take back
               Em
all of the mistakes
    D        C    D
but i will try
G                      D
  although it's not easy
                    Em
i know you believe me
        D           C    D
cause i would not lie

G                        D
  don't believe their lies
                       Em
told through jealous eyes
                     C     D
they don't understand [i'm sorry]
G                       D
  i won't break your heart
                    Em
i won't bring you down
                      C
but i will have to say...

    D     G
I'm sorry
                    Em
it's all that i can say

you mean so much
            C
and i'd fix all that i've done
   D                G
if i could start again
                   Em
i'd throw it all away
                       C
to the shadows of regrets
              D                G
and you would have the best of me

Em - C - G - D
Em - C [G - D] <-- half timed
Em - C - D

         G
I'm sorry
                    Em
it's all that i can say

you mean so much
            C
and i'd fix all that i've done
   D                G
if i could start again
                   Em
i'd throw it all away
                       C
to the shadows of regrets
              D                G
and you would have the best of me

walking disaster nya sum 41


I think lots of songs have the chords B, F#, G#m, E in his album.
Any problems : Soultrust13@hotmail.fr

B                          F#
I haven't been home for a while
                           Abm  
I'm sure everything's the same
                        E
Mom and Dad both in denial
                            B
An only child to take the blame
                             F#
Sorry, Mom, but I don't miss you
                         Abm
Father's no name you deserve
                          E
I'm just a kid with no ambitions
                              
Wouldn't come home for the world
Abm                     E
Never know what I've become
                                B
The king of all that's said and done
              F#
The forgotten son
Abm                     E
This city's buried in defeat
                                B
I walk along these no name streets
F#
Wave goodbye to all
Abm
As I fall...

 F# E

B F# Abm E

B                   F#
At the dead end I begin
                      Abm
To burn the bridge of innocence
                     E 
Satisfaction guaranteed

A pill-away catastrophe
B                     F#
On a mission nowhere bound
                  Abm
Inhibitions underground
               E
A shallow grave I

Have dug all by myself


- Chorus -
E                          B    F#
And now I've been gone for so long

E                     B    F#
I can't remember who was wrong

E                  B    F#
All innocence is long gone

E                               B    F#
I pledge allegiance to a world of disbelief
           B
Where I belong
        B      F#
A walking disaster
     E           F#
The son of all bastards

        B      F#     
You regret you made me
      E              F#                   
It's too late to save me

B F# Abm E


B                          
As far as I can tell
F#
It's just voices in my head
Abm
Am I talking to myself?
E
'Cause I don't know what I just said

(And she said)
B
Far is where I fell
F#
Maybe I'm better off dead
Abm
Am I at the end of nowhere
E
Is this as good as it gets?


- Chorus - [x2]
E                          B    F#
And now I've been gone for so long

E                     B    F#
I can't remember who was wrong

E                  B    F#
All innocence is long gone

E                               B    F#
I pledge allegiance to a world of disbelief
           B
Where I belong

        B      F#
A walking disaster
     E           F#
The son of all bastards

        B      F#     
You regret you made me
      E              F#                   
It's too late to save me




B                    F#
I will be home in a while
                         Abm
You don't have to say a word
                          E
I can't wait to see you smile
                          B
Wouldn't miss it for the world [x2]